Es Buah Campur

Es buah campur dengan kelapa muda imitasi

Ayo membuat es buah

Apakah teman-teman menyukai es buah?  Segelas es dengan potongan aneka buah segar yang berwarna-warni, terkadang masih ditambah dengan potongan agar-agar yang diberi warna, lalu diguyur dengan sirup dan diberi susu kental manis. Hmm… bisa dibayangkan manis dan segarnya.

Es buah biasanya menjadi favorit saat disajikan dalam acara-acara keluarga, buka puasa bersama, arisan, atau saat berkumpul bersama teman-teman. Kesegarannya menjadikan suasana kebersamaan menjadi makin semarak. Terutama di acara buka puasa bersama, es buah pasti paling dinantikan kehadirannya.

Jenis buah yang digunakan untuk membuat es buah bisa banyak macamnya. Hal itu sesuai dengan selera masing-masing orang tentunya. Buah apa favorit teman-teman untuk membuat es buah? Kalau saya selalu suka melon. Melon dicampur dengan blewah dan avokad selalu enak rasanya.

Apalagi kalau ditambah dengan kelapa muda. Hanya dengan tambahan kelapa muda saja, rasanya es buah melon dan blewah itu menjadi jauh lebih segar dan lebih enak. Terutama setelah diguyur sirup cocopandan.

Sayangnya tukang es kelapa muda tidak selalu ada di sekitar rumah saya. Saya harus jauh-jauh ke depan komplek atau belakang komplek untuk mendapatkan kelapa muda.

Untunglah sekarang saya tidak perlu batal membuat es buah hanya karena tidak menemukan tukang kelapa muda. Bila kelapa muda yang asli tidak tersedia, kita bisa dengan mudah membuat imitasinya. Resepnya mudah didapat bila dicari lewat google.

Kalau soal rasa, kelapa muda imitasi ini bisa sangat menipu. Apalagi kalau sudah dicampur sirup, es batu, susu, dan buah-buahan yang lain. Dengan serutan yang tepat, bentuknya juga bisa dibuat sangat mirip.

Pendeknya, rasanya tetap enak dan begitu mirip dengan aslinya biarpun palsu. Kelapa palsu ini umumnya terbuat dari jelly, jadi masih tergolong makanan sehat.

Membuat es buah, es campur, hingga sop buah itu paling ideal waktunya memang pada saat bulan Ramadhan. Saat itu biasanya tukang sayur akan membawa lengkap semua bahan minuman yang kita butuhkan, mulai dari cincau, tape, kolang-kaling, hingga pacar. Begitu juga buah segar yang enak dibuat es, hampir  semuanya tersedia.

Sedangkan di hari biasa seperti ini, yang sudah pasti kita dapat hanyalah buah-buahan yang biasa saja, buah meja untuk sehari-hari. Jadi bila ingin kelengkapan yang lain ya harus ke pasar atau supermarket.

Kali ini saya ingin membuat es buah yang sederhana saja, menggunakan melon, avokad dan tambahan buah lainnya, juga kelapa muda. Kelapa mudanya imitasi ya teman-teman, dibuat dari Jelly aja. Bagi yang ingin melihat, resep dan cara membuatnya saya letakkan di akhir tulisan

Resep Es buah Campur

  • 1 buah avokad ukuran kecil
  • 150 g melon hijau
  • 150 g melon orange
  • 1 resep kelapa muda imitasi
  • 150 g buah naga

Resep kelapa muda imitasi

Sumber: blog cara buat resep

Bahan:

  • 1 buah nutrijell tanpa rasa (saya pakai nutrijell yang rasa kelapa muda)
  • 1 bungkus santan kara (saya pakai yang kemasan 65 ml)
  • 3 sdm gula pasir
  • 500 ml air kelapa (saya menggunakan air biasa)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt tepung maizena
  • 1 sachet susu kental manis (saya tambahkan sendiri)

Cara membuat:

1. Semua bahan kecuali tepung maizena dicampur lalu dimasak sambil diaduk-aduk terus hingga mendidih. Masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan dengan sedikit air matang, aduk kembali hingga mendidih dan meletup-letup. Angkat dan pindahkan ke dalam wadah lalu dinginkan.

2. Setelah dingin masukkan kulkas hingga mengeras, lalu dikerok dengan tutup botol atau alat lainnya menyerupai kerokan kelapa muda. Maka kelapa muda imitasi siap digunakan.

Jadi begitulah resep es buah campur yang saya suka, terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *