Cara Membuat Ketupat Lebaran Enak dan Tahan Lama

Ketupat Lebaran ala Jateng

Mari memasak ketupat lebaran

Postingan hari ini masih bertema masakan lebaran. Biasanya teman-teman menyajikan apa di hari lebaran? Umumnya setiap daerah mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda saat menyajikan masakan lebaran.

Sewaktu tinggal di Jakarta, tetangga kami yang orang Betawi biasanya menyajikan ketupat, semur daging, dan sayur pepaya atau sayur godok, terkadang ditambah dengan sambel goreng kentang atau sambel goreng hati.

Masakan lebaran ala Betawi

Sajian lebaran ala Betawi

Sedangkan kebiasaan keluarga kami dari Jawa Tengah, biasanya menyajikan ketupat bersama dengan sayur kentang dengan krecek (kerupuk kulit), opor ayam, dan mie goreng. Ada juga yang membuat sayur kentangnya tidak dengan krecek tetapi menggunakan hati ayam atau hati sapi.

Nampaknya apapun sajian pelengkapnya, pada umumnya tetap saja umumnya menggunakan ketupat. Karena resep masakan khas lebaran Betawi, yaitu semur daging, dan sayur godok sudah pernah diposting, maka kali ini postingan masakan lebarannya ala jawa tengah saja. Dimulai dari ketupat, lalu sambel goreng kentang krecek dan mie goreng.

Ketupat untuk Lebaran

Ketupat Lebaran

Memang sekarang ini umumnya orang tidak ingin repot membuat ketupat sendiri, karena lebih mudah memesan. Banyak orang yang menerima pesanan untuk membuat ketupat. Bahkan penjual ketupat sayur yang keliling pun seringkali mau membuatkan jika dipesan. Tapi ada juga orang yang tetap membuat sendiri.

Untuk membuat ketupat, kita memerlukan selongsong ketupat. Terkadang tukang sayur suka membawanya sehingga kita tidak perlu ke pasar. Di pasar, biasanya selongsong ketupat sudah banyak yang menyediakan sejak 2 hari menjelang lebaran. Ada yang menjual daun kelapanya (janur), ada yang sudah berbentuk selongsong ketupat. Pilihlah yang masih segar dan bagus.

Pilih selongsong ketupat yang masih segar

Selongsong ketupat yang siap diisi

Berikut ini cara membuat ketupat lebaran selengkapnya. Sebagai patokan, 1 liter beras biasanya cukup untuk mengisi 10 ketupat ukuran sedang. Jadi jika ingin membuat lebih, tinggal dikalikan saja:

Resep Ketupat Lebaran

Bahan:

  • 10 buah selongsong ketupat ukuran sedang, cuci bersih lalu gantungkan supaya terkena angin dan kering airnya
  • 1 liter beras kualitas bagus, cuci yang bersih lalu rendam dengan sedikit garam setidaknya 1 jam agar hasilnya nanti gurih dan empuk, lalu tiriskan dan sisihkan

Cara membuat:

  1. Ikat setiap 5 selongsong ketupat menjadi satu untuk mempermudah proses merebus. Isi ketupat dengan beras hingga 1/2 bagian selongsong. Mengisinya tergantung jenis berasnya. Jika beras yang digunakan biasanya mekar sekali ketika dimasak, sebaiknya isi 1/3 saja, jika berasnya hasilnya sedikit setelah dimasak sebaiknya isi 1/2 lebih.
  2. Rebus air di panci yang besar, setelah mendidih masukkan ketupat hingga terendam air. Rebus ketupat selama 4 jam. Panci harus sebentar-sebentar di cek, jika berkurang airnya harus segera ditambah supaya ketupat cepat matang.
  3. Setelah 4 jam, angkat ketupat, lalu gantung supaya airnya menetes dan mengering. Tunggu hingga ketupat tak terlalu panas, lalu buka ujung ketupat di bagian bawah (bukan bagian bertali), lalu tarik supaya airnya keluar. Ini rahasianya supaya ketupat tahan lama. Diamkan hingga airnya berhenti menetes.
  4. Keringkan ketupat dengan lap bersih, tutup kembali atau gunakan gunting untuk merapikan ujungnya, lalu sajikan bersama masakan lebaran lainnya.

Begitulah cara membuat ketupat lebaran. Semoga bermanfaat. Selamat berlebaran. IN

Ketupat diap disajikan

Bersihkan dan rapikan ketupat sebelum disajikan.

Catatan:

  • Hati-hati ketika mengisi ketupat, jika kurang beras maka hasilnya akan lembek, jika kebanyakan maka hasilnya seringkali menjadi keras dan bagian dalamnya tidak matang. Isi pas saja, jika ingin hasilnya lebih legit, lebihkan sedikit isinya, atau gunakan sedikit kapur sirih saat merendam.
  • Bila ingin lebih cepat memasak ketupat, gunakan panci presto. Dengan panci presto waktu memasak hanya 2 jam saja.
Mengisi ketupat yang benar

Keras lembeknya ketupat sangat tergantung pada saat mengisi beras.

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *