Cah brokoli wortel

Cah brokoli dengan wortel dan bakso sapi

Cara membuat cah brokoli wortel

Apakah teman-teman menyukai brokoli? Banyak orang menyukai brokoli karena secara alami brokoli mempunyai tekstur yang renyah dan rasa yang manis. Karena itu dimasak dengan bumbu sederhana pun sudah terasa enak.

Di restoran, brokoli sering dimasak tumis begitu saja. Terkadang ditumis bersama jamur atau dengan daging sapi. Brokoli memang mudah dipadupadankan dengan bahan masakan yang lain. Rasanya tetap saja enak.

Selain enak, brokoli juga merupakan sayuran yang berkhasiat. Brokoli telah lama terkenal dengan fungsinya sebagai antikanker dan anti oksidan. Brokoli mampu melawan berbagai jenis kanker karena mengandung zat indole-3-carbinol dan sulforaphane yang dapat memberantas sel kanker sebelum menimbulkan kerusakan di dalam tubuh.

Brokoli juga kaya dengan beta karoten, yaitu salah satu vitamin antioksidan yang juga baik untuk menurunkan risiko serangan jantung, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, serta mencegah terjadinya katarak.

Jadi itulah diantara sebabnya kita perlu juga sesekali mengkonsumsi brokoli, karena efeknya yang bagus untuk kesehatan. Selain itu, brokoli juga mudah dimasak menjadi berbagai sayuran yang lezat. Salah satunya yaitu masakan cah brokoli berikut ini.

Cah brokoli termasuk masakan sayur yang praktis, simpel, dan bisa disiapkan dengan cepat. Bumbunya sederhana sekali, hanya bawang putih dan merica. Tentunya ditambah dengan gula dan gula, serta kaldu bubuk bagi yang suka. Bila teman-teman ingin memperkaya rasanya, bisa ditambah dengan sesendok saus tiram atau saus ikan.

Masakan cah brokoli saja sebenarnya sudah enak rasanya. Tanpa tambahan apapun. Tapi di resep ini, brokoli dikombinasikan dengan wortel supaya lebih meriah.

Wortel juga secara alami memiliki cita rasa yang manis, jadi cocok dimasak cah bersama brokoli. Selain itu warna orangenya juga  membuat tampilan sayur brokoli ini semakin menarik. Kandungan vitamin A nya yang tinggi juga membuat sayuran ini semakin menyehatkan.

Tambahan lainnya yaitu irisan bakso sapi. Selain membuat cah brokoli ini rasanya semakin lezat, tambahan sedikit bakso atau sosis biasanya akan menarik anak-anak untuk ikut memakannya.

Cah brokoli wortel dengan bakso sapi

Cah brokoli dengan wortel

Resep Cah Brokoli Wortel

Bahan:

  • 1 buah brokoli (ukuran 150 g), petik-petik sesuai kuntumnya, lalu seduh dengan air mendidih 1-3 menit (sampai brokolinya setengah matang saja, hati-hati … jangan terlalu lama supaya tidak kelewat lembek)
  • 1 buah wortel import (ukuran 135 g), potong-potong sesuai selera, sebaiknya jangan terlalu tebal supaya lebih cepat matang saat dimasak nanti.
  • 4 buah bakso, potong masing-masing menjadi 3 saja
  • 4 siung bawang putih ukuran kecil, memarkan lalu cincang halus
  • 1/2 sdt garam
  • 1/3 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/3 sdt kaldu sapi bubuk (saya pakai yang no msg)
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat:

1. Tumis bawang putih cincang dengan 2 sdm minyak goreng hingga harum dan warnanya menjadi agak kekuning-kuningan.

2. Masukkan potongan bakso, lalu aduk-aduk sebentar hingga baksonya matang, selanjutnya tambahkan potongan wortel.

3. Tambahkan sedikit air matang (kurang lebih setengah gelas atau 150 ml saja), masak hingga wortel matang tapi masih krispi, lalu bumbui dengan garam, gula, kaldu ayam bubuk dan merica bubuk, aduk rata dan masukkan brokolinya. Aduk kembali hingga rata, lalu cicipi dan koreksi rasanya. Setelah pas, masak sebentar hingga brokoli dan wortel matang dan cukup empuk.

4. Angkat dan sajikan hangat bersama nasi dan lauknya.

Begitulah cara memasak cah brokoli dengan wortel dan bakso sapi. Semoga teman-teman juga menyukainya. Selamat mencoba dan menikmati. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *