Bolu kukus mocaf

Bolu kukus mocaf bentuk mawar

Membuat bolu kukus enak dari tepung mocaf

Tepung mocaf mungkin teman-teman sudah banyak yang tahu. Bagi yang belum tahu, akan saya jelaskan singkat saja ya …. Tepung mocaf (modified casava fluor) adalah tepung yang berasal dari singkong atau ubi kayu.

Waktu proses pembuatannya, dilakukan proses fermentasi sehingga sebagai hasilnya adalah tepung yang putih dan lembut, tanpa tercium aroma singkong yang kuat. Bahkan yang produksinya bagus bisa tidak tercium sama sekali aroma singkongnya. Sudah sangat mirip dengan terigu.

Bedanya, karena mocaf tidak mengandung gluten seperti terigu maka kalau untuk membuat kue dan roti adonannya tidak akan bisa mengembang seperti terigu. Jadi untuk membuat roti, jika ingin mengembang kita masih harus mencampurnya dengan terigu.

Untuk dijadikan cake atau brownies biasanya kita perlu menambahkan telur. Tapi untuk dibuat kue kering seperti nastar, kastengel, dsb tidak ada masalah.

Tentu ada keuntungannya menggunakan tepung mocaf ini. Kelebihan tepung mocaf dibandingkan dengan terigu, diantaranya karena mengandung lebih banyak serat.

Selain itu, karena merupakan produk hasil fermentasi, tepung mocaf memiliki efek prebiotik yang menyehatkan saluran pencernaan.

Tepung mocaf mengandung kalsium yang lebih tinggi dibandingkan dengan tepung terigu. Tepung mocaf juga mengandung fosfor, zat besi, dan vitamin B.

Tidak adanya gluten dalam tepung mocaf di satu sisi memang merugikan, karena kita tidak bisa menjadikan donat atau roti yang mengembang cantik dan empuk. Tapi di sisi lain juga menguntungkan.

Gluten, protein yang ada di dalam tepung terigu itu, meskipun menguntungkan dalam pembuatan roti tapi sebenarnya kurang menguntungkan dari sisi kesehatan. Gluten tidak mudah dicerna, karena itu kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi terigu terlampau sering.

Tidak harus menghindari tepung terigu sama sekali memang, namun akan lebih sehat bila sesekali kita tidak membuat kue menggunakan terigu dan menggantinya dengan tepung lain seperti misalnya tepung mocaf, tepung beras, tepung sagu, atau tepung talas.

Bagi orang yang alergi gluten, tentu saja tidak ada pilihan lain dalam hal ini. Mereka memang harus sepenuhnya menghindari terigu dan memilih tepung lain selain terigu.

Kali ini, saya membuat bolu kukus dari tepung mocaf.  Bolu kukus ini mungkin tidak akan mekar sempurna seperti kalau kita menggunakan tepung terigu. Tetapi tidak apa-apa, supaya tetap tampak cantik kita bisa gunakan cetakan mawar.

Saya di sini menggunakan santan supaya aromanya lebih gurih dan wangi, juga susu kental manis supaya lebih enak rasanya. Kombinasi tepung dari singkong, santan dan susu kental manis ini memang beda teman-teman, enaaak.

Bagi yang biasa menggunakan pewarna, bisa memilih warna yang cantik untuk mawarnya. Karena belum terbiasa menggunakan pewarna, maka saya tambahkan di sini buah naga saja untuk mendapatkan warna mawarnya.

Heran juga jadinya, warna merah dari buah naga, berubah pink tua ketika diperas airnya, eh … hasil akhirnya  menjadi  peach begitu. Warna hijau bisa didapat dari daun suji, tetapi karena takut terlalu pucat, saya tambahkan sedikit pewarna kuning tua dan biru.

bolu kukus dari tepung singkong

Bolu kukus mocaf

Resep bolu kukus mocaf

Bahan:

  • 100 g tepung mocaf
  • 2 butir telur
  • 100 g gula pasir
  • 100 ml santan (dari instan instan yang diencerkan)
  • 2 sdm susu kental manis

Cara membuat:

1. Kocok gula dan telur menggunakan mixer hingga kental, lalu tambahkan tepung mocaf, santan, dan susu kental manis. Pisahkan adonan dalam beberapa wadah lalu warnai sesuai selera.

2. Siapkan kukusan, bungkus tutupnya dengan kain. Panaskan dengan api besar hingga beruap banyak.

3. Olesi cetakan dengan minyak goreng. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai penuh, lakukan terus sehingga semua cetakan terisi dengan adonan. Masukkan ke dalam kukusan lalu masak setidaknya 15 menit.

4. Jangan buka kukusan sebelum 15 menit, supaya bolu kukusnya matang dengan baik.

Catatan:

Bagi yang memakai pewarna alami misalnya dengan cairan buah naga, caranya buah naga dihancurkan lalu disaring. Ambil airnya kira-kira 50 ml. Bila menggunakan 50 ml air buah naga atau air daun suji, pemakaian santan separuhnya saja sudah cukup.

Jadi begitulah cara membuat bolu kukus dari tepung mocaf ini. Semoga berguna bagi teman-teman semua (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *