Bolu Kukus Gula Merah

Bolu kukus gula merah mekar

Cara membuat bolu kukus gula merah

Ceritanya kemarin masih mempunyai stok gula aren cukup banyak sisa membuat kolak di bulan puasa yang lalu. Untuk sehari-hari begini, kegunaan gula aren biasanya hanya untuk pemanis masakan yang tentunya tidak sering diperlukan. Supaya tidak mubazir, jadi terpikir untuk dibuat bolu kukus saja.

Teman-teman suka bolu kukus gula merah? Enak lho buat ngeteh atau ngopi di sore hari. Apalagi membuatnya menggunakan gula aren yang bagus. Kebetulan minyak kelapa juga masih ada. Cetakan bolu kukusnya masih punya. Akhirnya jadilah saya membuat bolu kukus gula merah ini.

bolu kukus gula merah mekar

Bolu kukus gula merah

Kue bolu kukus termasuk kue yang hampir selalu ada di kios pedagang kue tradisional. Kue ini terbuat dari terigu ditambah dengan bahan yang lain yaitu telur, gula, minyak goreng, dan terkadang air soda.

Kue Bolu kukus disukai banyak orang karena warnanya yang menarik dan teksturnya yang lembut. Di Pulau Bali, kue bolu kukus seringkali digunakan untuk upacara-upacara keagamaan. Penampilan kuenya biasanya cantik dengan warna-warna yang kuat.

Jika melihat foto kue bolu kukus yang bertebaran di internet, sepertinya varian bolu kukus kini semakin beragam saja.

Selain bolu kukus yang menggunakan gula merah, ada kue bolu kukus yang dibuat berwarna-warni, ada juga kue bolu kukus dengan  rasa kopi. Ibu-ibu sekarang nampaknya juga semakin kreatif, ada bolu kukus yang dibuat unik, sesuai dengan kharakter yang disukai anak-anak.

Ada juga yang membuat kue bolu kukus begitu cantik dengan menggunakan cetakan berbentuk bunga mawar, warnanya juga dibuat merah mirip mawar sungguhan. Ada juga yang menggunakan warna pelangi. Saya senang melihatnya meskipun jarang makan makanan yang diberi pewarna seperti itu.

Resep cara membuat bolu kukus juga banyak sekali ragamnya. Saya sendiri masih setia menggunakan resep yang saya kenal dari jaman dahulu, yaitu resep serba seperempat. Tentu tidak semua bahan sebanyak seperempat, tapi terutama tepung terigu dan gula merahnya saja.

Air putih untuk merebus gula merahnya juga tadinya 250 g, tapi saya kurangi menjadi 200 g saja karena takut terlalu encer.

Untuk gula, tadinya saya hanya berniat menggunakan gula merah saja, tetapi berhubung pas dicicip rasanya kurang manis akhirnya saya tambahkan juga 2 sdm gula pasir.  Baru manisnya pas. Bila buat teman-teman masih kurang manis, bisa ditambahkan sesendok lagi.

Begini Resep Bolu Kukus Gula Merah selengkapnya:

Untuk: 15-16 buah bolu kukus

Bahan:

  • 250 g gula merah
  • 2 sdm gula pasir
  • 200 ml air putih
  • 2 helai daun pandan, cuci bersih, simpulkan
  • 250 g terigu
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt baking powder
  • 125 ml minyak goreng
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 1/3 sdt vanili bila suka
  • 1/4 sdt soda kue

Cara membuat:

1. Masak air dengan gula merah dan daun pandan hingga mendidih, saring, lalu biarkan dingin

2. Aduk rata baking powder dengan terigu, sisihkan

3. Siapkan 15-16  cetakan bolu kukus, beri paper cup, sisihkan.

4. Setelah air gula dingin, siapkan dan panaskan kukusan. Bungkus tutup kukusan dengan kain yang bersih dan cukup tebal.

5. Kocok telur dengan mixer, lalu masukkan air gula merah, minyak goreng, terigu dan semua bahan lainnya. Kocok dengan mixer selama  paling lama 10 menit saja.

6. Tuang adonan ke dalam cetakan yang telah diberi paper cup sesendok demi sesendok.

7. Besarkan api untuk memanaskan kukusan. Setelah air di dalam kukusan mendidih segera masukkan cetakan dengan adonan bolu kukus ke dalamnya. Tutup kukusan dan masak selama setidaknya 15 menit. Sebelum sampai 15 menit, jangan membuka tutupnya.

8. Setelah 15 menit, buka tutup kukusan dan lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi, jika tusuk gigi keluar dalam keadaan bersih berarti sudah jadi bolu kukusnya. Segera matikan kompor, biarkan sebentar dalam keadaan terbuka hingga habis uapnya. Sajikan bolu kukus dalam keadaan hangat.

Mudah sekali bukan, cara membuat Bolu Kukus Gula Merah? (IN)

Bolu kukus gula merah mekar

Begini tampilan bolu setelah dikukus selama 15 menit

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *