Resep Ayam Goreng Krispi Praktis

ayam fillet krispi

Mari membuat ayam krispi

Ceritanya waktu liburan di Bandung kemarin sempat mencoba ayam krispi yang dijual di sana. Rasanya gurih dan enak, tapi sepertinya lebih tebal tepungnya daripada ayamnya. Kelihatannya membuatnya tidak sulit. Akhirnya jadi kepingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Lumayan juga untuk menu makan siang.

Kebetulan di kulkas masih ada persediaan fillet ayam sekitar 6 potong, sepertinya cukup. Karena lagi kepingin masak model fast food (aslinya sih cuma lagi malas saja mencampur tepung sendiri, hehehe), jadi kemaren membeli tepung KFC kemasan saja di miniswalayan terdekat.

Setelah dicuci bersih, fillet ayam tadi ditaburi garam secukupnya lalu didiamkan sebentar. Maksudnya sekedar menghilangkan bau anyir ayam saja. Biasanya ayamnya diberi air jeruk nipis. Sayang persediaan jeruk nipis lagi habis.

Jadi kali ini menggunakan cara yang gampang saja, yaitu menggunakan garam. Cara ini saya lihat biasa digunakan orang di kampung atau tukang warung yang menjual makanan, dan nampaknya berhasil. Ada juga yang menghilangkan anyir dengan menggunakan asam jawa. Tapi kalau digarami, selain hilang anyirnya, ayamnya juga jadi lebih gurih.

Menggaraminya cukup 30 menit sampai satu jam saja. Setelah kira-kira 30 menit ayam bisa dibilas, tiriskan dan dibumbui. Bumbunya garam, merica bubuk dan cabai bubuk. Kebetulan punya bawang putih bubuk, jadi saya tambahkan juga. Bila teman-teman tidak mempunyai bawang putih bubuk gunakan saja cincangan bawang putih segar.

Setelah dibumbui, didiamkan dulu di lemari es setidaknya 30 menit supaya bumbunya meresap. Sementara itu kita bisa menyiapkan bahan untuk tepung krispinya.

Tepung krispinya terdiri dari tepung KFC kemasan yang dicampur dengan tepung terigu cakra dan tepung maizena. Lalu dari campuran tepung ini diambil 3 sdm untuk dijadikan adonan cair, diberi tambahan air matang secukupnya  dan kocokan satu buah putih telur.

Jadi hanya begitu saja. Selanjutnya keluarkan ayam fillet dari kulkas, masukkan di campuran tepung, adonan basah, lalu masukkan sekali lagi di adonan tepung. Lalu digoreng dengan penggorengan yang cukup lebar, dengan minyak yang cukup sehingga ayamnya terendam. Lebih bagus lagi bila menggunakan panci yang tebal.

Waktu memberi tepungnya sambil dicubit-cubit begitu tapi pelan saja ya teman-teman … supaya pas digoreng bisa keriting cakep. menggorengnya juga menggunakan api kecil saja supaya matang sampai ke dalam.

Untuk kali ini, karena menggunakan ayam fillet yang mudah matang, kita tidak perlu khawatir bagian tengahnya tidak matang. Pasti matang. Tapi tetap saja gorengnya pakai api kecil saja.

Bagi yang ingin coba, begini resep lengkapnya:

Resep Ayam Krispi

Bahan: 

  • 6 buah fillet ayam dada, bila ayamnya terlalu besar bisa dipotong sehingga jadinya kecil memanjang
  • garam secukupnya
  • 1/3 sdt bawang putih bubuk
  • 1/3 sdt garam atau secukupnya
  • 1/3 sdt merica bubuk
  • 1/3 sdt cabai bubuk

Tepung krispi:

  • 150 g tepung terigu protein tinggi, misalnya merek cakra
  • 4 sdm tepung bumbu KFC kemasan
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 buah putih telur, kocok lepas
  • air es secukupnya

Cara membuat:

  1. Taburi ayam dengan garam secukupnya lalu diamkan setidaknya 45 menit, lalu bilas hingga bersih dan tiriskan.
  2. Bumbui ayam dengan garam, bawang putih bubuk, merica bubuk, dan cabai bubuk lalu diamkan di lemari es selama minimal 30 menit (daging ayam tanpa tulang lebih cepat meresap bumbunya dibanding daging ayam dengan tulang).
  3. Campur tepung terigu cakra dengan tepung KfC kemasan dan tepung maizena, aduk hingga rata.
  4. Ambil 3 sdm campuran tepung tersebut lalu beri kocokan putih telur dan air es secukupnya, buat adonan cair seperti untuk menggoreng tempe, jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer.
  5. Ambil satu potong fillet ayam, masukkan ke dalam adonan encer lalu lapisi dengan adonan tepung hingga rata. Ulangi lagi masukkan ke adonan encer kemudian lapisi kembali dengan adonan tepung, sambil dicubit-cubit perlahan supaya tampak keriting.
  6. Kibas-kibaskan sebelum dimasukkan penggorengan supaya tidak banyak rontokan tepung yang masuk penggorengan.
  7. Meskipun ini fillet ayam,sebaiknya tetap digoreng dengan api kecil saja ya teman-teman, supaya matang sampai ke dalam. Biarkan panas dulu minyaknya sebelum ayam dimasukkan. Gunakan minyak yang cukup supaya seluruh ayam terendam minyak dan matang. Menggorengnya bisa menggunakan wajan yang cekungannya cukup dalam, atau lebih bagus lagi panci stainless still yang cukup tebal.
  8. Goreng semua ayam hingga selesai, tiriskan minyaknya, gunakan tissue makan bila perlu. Sesudah itu segera taruh di piring saji dan sajikan dengan sambal botol.

Begitulah cara memasak dan resep ayam krispi kali ini teman-teman, semoga bermanfaat. Meskipun cara membuat ayam goreng ini praktis dan cepat, tetapi sebenarnya saya jarang sekali menggoreng ayam menggunakan tepung KFC kemasan seperti ini.

Lebih seringnya menggunakan campuran tepung yang dibuat sendiri menggunakan tepung terigu protein sedang dicampur tapioka atau tepung terigu protein tinggi dengan maizena saja. Bila ingin lebih krispi dan lebih cantik keritingnya, tepung krispinya bisa ditambah baking powder.

Tepung kemasan bagus dicoba bila tak punya banyak waktu memasak. Karena tak perlu membumbui tepungnya. Tetapi kalau sempat,  lebih bagus tepung yang dibumbui sendiri.

Dibandingkan dengan ayam krispi yang membeli memang masih kalah krispi rasanya. Kulit krispinya juga hanya lumayan keriting saja. Memang nyata sekali bedanya dengan dan tanpa menggunakan baking powder. Tetapi setidaknya kali ini daging ayamnya cukup tebal.  Bila ingin lebih menarik untuk anak-anak, bisa diberi tusukan sate seperti di abang-abang (IN).

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *