Ayam goreng tepung

Ayam goreng tepung sederhana

Membuat ayam goreng tepung rumahan

Biarpun resep ayam goreng asli Indonesia begitu banyak dan tak kurang enaknya, namun di mata anak-anak, tampaknya ayam yang digoreng dan diberi tepung seperti KFC tetaplah istimewa. Disamping karena rasanya yang memang gurih dan renyah,  bisa saja karena pengaruh iklannya yang begitu menarik.

Apalagi bagi yang pernah mengalami perayaan ulang tahunnya atau ulang tahun temannya di restoran ayam goreng tepung itu semasa kecil.  Makan sambil bermain dan bernyanyi bersama, diselingi dengan tebak-tebakan seru, lalu berfoto bersama maskot restoran, barangkali menyisakan kenangan indah juga bagi mereka.

Satu hal yang pasti, ayam goreng tepung selalu menjadi favorit hampir setiap anak, bahkan juga orang dewasa. Mungkin pada dasarnya masyarakat Indonesia memang penggemar gorengan.

Tak heran bila ayam goreng tepung dengan merek baru terus bermunculan di pasaran dan umumnya laku. Kita bisa dengan mudah memilih mau membeli yang di kaki lima, maupun yang ada  di rumah makan atau restoran.

Saya dulu termasuk sering membeli ayam goreng karena permintaan anak. Sehingga lama-kelamaan terpikir juga untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Apalagi melihat di supermarket atau di minimarket, semakin mudah saja mendapatkan tepung bumbu siap pakai untuk membuat ayam goreng tepung.

Jadi kalau tak mau repot menakar tepung sendiri, tepung bumbu bisa membantu. Aturan pakainya juga biasanya sudah tersedia. Kita hanya tinggal mengikuti dan menyesuaikan tentunya.

Bila rasanya kurang pas, misalnya hasilnya terlalu pedas atau terlalu asin, kita masih bisa menambahkan tepung terigu.

Saya pernah menggunakan tepung bumbu jadi, tetapi akhirnya lebih sering menggunakan tepung terigu biasa yang dicampur dan dibumbui sendiri. Repot juga kalau setiap kali  ingin membuat ayam goreng tepung harus membeli tepung bumbu dulu, sementara kalau disimpan lama juga tidak bagus.

Bumbu ayam goreng tepung saya sederhana saja, asalnya dari resep keripik jamur. Saya hanya mengganti tepungnya dari tepung beras menjadi tepung terigu. Saya tidak menggunakan baking powder atau soda kue, jadi harap maklum bila tampilannya tidak keriting indah seperti yang dijual. Resep ayam goreng tepung ini adalah ayam goreng tepung rumahan yang sederhana saja.

Satu hal yang perlu diingat adalah, bahwa membuat ayam goreng tepung perlu modal minyak banyak. Begitu digunakan untuk menggoreng ayam tepung, walau menggunakan minyak yang masih baru, biasanya warna minyaknya langsung berubah kecokelatan karena rontokan tepung.

Karena itu, sebaiknya sediakan saringan kawat untuk menyaring minyak setelah digunakan untuk menggoreng. Sebelum menggoreng yang baru, saring dulu minyak  gorengnya.

Tips lainnya yaitu setelah dilapisi tepung,  sebaiknya ayam tidak langsung digoreng tetapi didiamkan di kulkas dulu setidaknya 30 menit, supaya tepungnya lebih menempel dan tidak terlalu banyak yang rontok.

 Resep ayam goreng tepung

Bahan:

  • 1/2 ekor Ayam, dipotong menjadi 6
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt cabai bubuk
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 50 ml susu cair dingin
  • 250 g terigu
  • 100 g tepung tapioka
  • 50 g tepung maizena
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

1. Bersihkan ayam, beri air jeruk nipis, diamkan setidaknya 30 menit lalu bilas hingga bersih, tiriskan airnya.

2. Lumuri ayam dengan merica bubuk, bawang putih bubuk, garam, cabai bubuk, dan kaldu ayam, diamkan di kulkas selama 1 jam supaya bumbunya meresap, jangan terlalu lama juga agar tak keasinan. Bila perlu, tusuk-tusuk daging ayam dengan garpu, supaya bumbu lebih cepat meresap.

3. Aduk rata tepung terigu, tapioka dan maizena dalam satu wadah, beri garam dan merica masing-masing 1/3 sdt atau secukupnya . Sementara di wadah lain, kocok telur dengan susu cair.

4. Selanjutnya masukkan ayam ke adonan telur, lalu masukkan dalam campuran terigu, celupkan lagi ke adonan telur, lalu masukkan kembali ke campuran terigu, cubit-cubit sambil kibaskan untuk menyingkirkan rontokan tepung. Selanjutnya, simpan ayam yang sudah diberi tepung di dalam kulkas sampai saatnya digoreng (diamkan setidaknya 30 menit).

5. Goreng ayam dengan minyak panas dan banyak tapi api kecil saja hingga cukup matang, kerjakan hingga semua ayam selesai digoreng. Selanjutnya saring minyak goreng dan bersihkan wajan, lalu goreng ayam sekali lagi hingga betul-betul kering dan matang sampai ke dalam.

Begitulah resep ayam goreng tepung sederhana ini  teman-teman, semoga berguna… IN

Catatan:

Ayam gorengnya digoreng dua kali supaya betul-betul kering dan matang hingga ke dalam. Pada penggorengan pertama, minyak bercampur dengan air yang berasal dari ayam karena itu sulit untuk langsung kering. Itulah sebabnya perlu digoreng dua kali. Untuk cara lainnya, ayam juga bisa digoreng menggunakan panci stainless, dengan minyak banyak tetapi apinya kecil saja. Dengan cara ini penggorengan cukup sekali saja.

Pencarian dari google:

2 Responses to Ayam goreng tepung

  1. Gilang FIkri says:

    Woow mantaapp.. bisa beradu nih sama resepkuu…

    • INTI says:

      Terima kasih sudah mampir kemari … resep ayam goreng tepung memang banyak versinya … saya yakin semuanya enak asal bumbunya pas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *