Resep Ayam Goreng Mentega Praktis Lezat

Ayam goreng mentega praktis mudah

Cara memasak ayam goreng mentega

Hari libur seperti ini adalah hari-hari yang menyenangkan karena ini waktunya berkumpul dan beraktivitas bersama seluruh keluarga. Namun bagi ibu-ibu, biasanya saat anak-anak libur dan semuanya berkumpul di rumah, justru kesibukan bertambah. Biarpun begitu, saat seperti ini justru selalu dinantikan karena ini saatnya bergembira ria bersama keluarga.

Cara yang mudah supaya Ibu tak terlalu  repot biasanya adalah memesan makanan dari luar. Selain tak perlu membuat dapur berantakan, juga menunya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing anggota keluarga.

Namun bagi yang lebih senang memasak sendiri, supaya tidak terlalu repot, sebaiknya membuat masakan yang praktis-praktis saja. Jangan lupa siapkan juga cemilan yang mudah dibuat tetapi anak-anak pasti suka, dan pastikan cemilannya yang sehat saja.

Ayam goreng mentega adalah salah satu masakan yang praktis karena bumbunya sederhana dan bisa dimasak dengan cepat namun rasanya sedap dan umumnya seluruh keluarga menyukainya. Masakan ini sudah biasa dimasak sebagai masakan sehari-hari, namun masih cocok untuk disajikan pada kesempatan-kesempatan yang istimewa.

Biarpun judulnya ayam goreng mentega, tetapi untuk memasaknya kita tidak perlu betul-betul menggunakan mentega. Kita bisa memakai margarin saja. Saya memakai margarin yang rasanya sudah asin, jadi dalam resep ini saya hanya menggunakan sedikit garam.

Daaan ….. karena cara memasak seperti ini akan membuat ayamnya menjadi agak lebih berlemak dari biasanya, jadi sebelum dimasak ayamnya saya kukus dulu untuk sedikit mengurangi kadar lemaknya. Selain juga untuk memastikan ayamnya betul-betul matang sampai ke dalam. Setelah dikukus barulah ayamnya digoreng dan dibumbui seperti biasanya. Baiklah teman-teman ini dia resep selengkapnya:

Resep ayam goreng mentega praktis lezat

Bahan:

  • 1/2 ekor ayam, potong menjadi 6 atau 8 (makin kecil potongannya bumbunya makin terasa)
  • 2 sdt air perasan jeruk nipis
  • 1/3 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 1/2 sdm kecap inggris/worchester sauce
  • 4 sdm mentega
  • 1 buah bawang bombai, iris memanjang
  • 1 batang daun bawang, potong-potong
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/4 sdt garam atau secukupnya
  • 1/3 sdt gula pasir atau secukupnya
  • 1/3 sdt merica bubuk atau secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng ayam)

Cara membuat:

  1. Cuci ayam hingga bersih, lalu beri air perasan jeruk nipis, 1/3 sdt garam, dan 1/4 sdt merica bubuk, diamkan 30 menit, lalu kukus dulu supaya lemaknya berjatuhan di dasar kukusan.
  2. Selanjutnya goreng ayam hingga matang dan warnanya menjadi agak kecokelatan (Hati-hati ya, jangan terlalu lama gorengnya supaya ayamnya tidak menjadi keras setelah matang nanti). Angkat segera ayam goreng setelah matang lalu tiriskan dan sisihkan.
  3. Tumis bawang bombai dengan menggunakan mentega hingga harum, lalu masukkan bawang putih cincang dan aduk-aduk hingga harum.
  4. Tuangkan kecap manis dan kecap inggris/worchester sauce, lalu bumbui dengan garam, gula, dan merica bubuk, aduk-aduk hingga rata.
  5. Selanjutnya masukkan ayam goreng dan daun bawang, aduk-aduk, cicipi dan koreksi rasanya.  Angkat ayam goreng mentega setelah rasanya pas dan kira-kira bumbunya sudah meresap.
  6. Sajikan ayam goreng mentega dalam piring saji bersama nasi dan sayuran tumis.

Mudah dan praktis bukan resep ayam goreng mentega praktis lezat ini? Masakan Ini cocok disajikan dengan nasi putih hangat dan sayuran yang ditumis seperti brokoli tumis bawang putih, tumis kailan, atau tumis bokchoy/pakchoy. Juga cocok disandingkan dengan lauk yg lainnya seperti cumi atau udang goreng tepung yang krispi.  Selamat mencoba … Semoga cocok dengan selera keluarga di rumah. IN

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *