Asinan Mangga Indramayu

Asinan mangga muda

Cara membuat asinan mangga

Mangga adalah buah yang banyak mengandung vitamin yang bagus untuk kesehatan kulit. Mangga juga selalu cocok disajikan dalam berbagai olahan buah, mulai dari es mangga, jus mangga, puding mangga, semuanya enak rasanya.

Namun di hari yang panas, asinan selalu bisa membuat adem. Jadi mari membuat asinan lagi. Kali ini bahannya adalah mangga indramayu yang masih mengkal. Mumpung masih musim mangga lhoh yaa ….

Kebetulan kemarin dulu melihat mangga Indramayu yang masih mengkal di supermarket. Ukurannya jumbo banget, hanya sebiji tapi beratnya sampai 500 gram. Seperti biasanya, meskipun warna kulitnya masih hijau tetap saja di dalam warna buahnya sudah kuning cerah mengundang. Ketika di coba sudah ada rasa manis diantara rasa khasnya yang sedikit asam.

Kuahnya seperti biasa juga, saya menggunakan jeruk lemon, tapi kali ini dicampur dengan jeruk limau. Rasanya ternyata menjadi lebih enak. Terutama setelah diberi tambahan campuran cabai, sedikit terasi dan garam, sedikit gula merah, serta gula pasir semanisnya.

Untuk penggunaan cabainya bebas ya, sesuaikan dengan selera saja. Kebetulan saya terbiasa dengan rasa pedas yang sedang saja, jadi menggunakan 5 buah cabai juga rasanya sudah cukup pedas.

Bagi yang tidak suka menggunakan jeruk lemon boleh juga diganti dengan cuka. Saya sudah telanjur merasa cocok menggunakan jeruk lemon. Sehingga jarang menggunakan cuka.

Baiklah bagi yang mau coba juga, ini dia resepnya:

Resep asinan mangga

Bahan:

  • 500 gram buah mangga indramayu yang masih mengkal, kupas dan potong-potong, simpan dulu di lemari es
  • 4 buah cabai keriting
  • 1 buah cabai rawit merah
  • 1/2 buah jeruk lemon, peras airnya
  • 2 buah jeruk limau, belah dua, ambil sebagian untuk diperas airnya
  • 1/3 sdt terasi
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya (saya menambahkan sedikit gula merah sehingga warna kuahnya kecokelatan)
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Uleg cabai bersama garam, gula, dan terasi, lalu tambahkan sedikit air sesuai jumlah kuah yang diinginkan dan rebus sebentar. Setelah matang, jika tidak ingin terbawa biji cabai bisa disaring lebih dahulu. Lalu biarkan dingin.
  2. Setelah dingin beri air perasan jeruk limau dan jeruk lemon, cicipi dan koreksi rasanya. Tambahkan gula bila kurang manis. Setelah rasanya pas masukkan mangga mudanya.
  3. Simpan asinan mangga di dalam kulkas hingga saatnya disajikan.

Begitulah cara membuat resep asinan mangga Indramayu. Semoga berguna. IN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *